~ welcome to muti's area ~ aku ada, makanya aku ngeblog ~

Jumat, 30 Januari 2015

/

Oke postingan ini sebenernya seharusnya "wisata kuliner di negeri sebrang antah berantah nun jauh disana", tapi berhubung gue jarang wiskul wiskulan *duuuh padahal gue anak Tata Boga T.T*mulai merasa gagal gara-gara jarang wiskulan T.T* akhirnya gue cuma bisa nulis "wiskulan dirumah"..

YA DIRUMAH!!! x""D

Gue selama liburan ini menyempatkan diri buat ningkatin skill soal olah mengolah, gue cuma lagi ga kepengen waktu liburan ini sia-sia~
Well, ga absurd absurd banget sih :3
Udah gitu gue nyoba bikin resep sendiri, Chicken Wing.
Dengan modal tekad dan keabsurdan ilmu-ilmu yang pernah masuk kediri ini jadilah ini~~





Tapi mohon maaf lahir dan batin gue lupa sama resep yang padahal gue bikin sendiri-____- *tolong dicatat ya, bikin sendiri = lupa sendiri* jadinya gabisa gue share deh x'(




Lanjut!

eng ing eng~

Yang kedua gue bikin salah satu jajanan kue yang udah sering dijumpai. Emang sih bukan kue khas Indonesia. Tapi gue seneng banget bikin doi><

Fruit Flan namanya, tapi kalo di Indonesia disebutnya 'Pai Buah'

penampakan pie buahnya

Kalo yang diatas gue bikinnya yang ukurannya rada gede, jadi lebih rada puas xD

Oiya, berkat liburan yang indah ini (read: bikin kue), gue jadi punya orderan pie buah deh. Lumayan nambahin uang jajan disaat liburan ><

*lalu sekalian promosi*


Btw, Ilmu ga akan pernah sia-sia kalo dibagi!
Yups dengan hati berbunga-bunga akan gue share resepnya ya guys :3

Bahan Dough Pie:
- 225 gr mentega tawar
- 110 gr gula halus
- 340 gr tepung terigu (protein sedang)
- 1/4 sdt garam
- 2 kuning telur
- 1 sdm susu cair

Cara Membuat Dough Pie:
* Campur mentega, gula, tepung dan garam, aduk rata.
Masukan kuning telur dan susu cair, aduk rata hingga adonan menggumpal/kalis.
Masukan ke lemari pendingin selama -/+ 30 menit.
* Giling tipis adonan, cetak ke dalam cetakan pie.
Tusuk-tusuk adonan dalam cetakan dengan garpu.
Panggang selama 20-25menit dengan suhu 140-160derajat Celcius.


Bahan Vla:
- 600 ml susu cair
- 150 gr gula pasir
- 60 gr tepung maizena, larutkan
- 1 kuning telur
- 2 sdt mentega tawar
- 1/4 vanila essens (jika suka)

Cara membuat Vla:
* Masak susu cair dan gula hingga mendidih.
Masukan larutan maizena, aduk cepat dan diamkan sebentar.
Masukan kuning telur, aduk cepat.
Masak hingga meletup-meletup.
Matikan api dan masukan mentega dan vanilla essens.


(Sumber: Buku 53 Resep sajian kue ala Cafe, Terbitan Kompas Gramedia)


Bahan Pelengkap:
*Variasi Buah sesuai kehendak;)
*Agar-agar yang sudah dimasak (lebih baik dimasak saat kulit pai sudah diisi dengan vla dan buah)

Kalau semuanya sudah, tuang Vla ke kulit pai dan hias dengan buah kesukaanmu.
Sudah? Kalau sudah oles agar-agar yang baru masak ke bagian topping dengan kuas.

Tadaaaa! udah selesai deh :3

Kalau ada yang mau ditanya bisa kok nanya ke gue *sotoy mode on* xD

Oiya, resep pai ini sumbernya dari sebuah buku yang gue beli pas liburan semester 1~
Btw, terimakasih ya Sedaap udah nerbitin buku ini~*kiss kiss dari jauh*
Berkat buku ini gue jadi punya patokan untuk bikin-bikin kue *kadang-kadang takaran bahannya beda sama buku karena menyesuaikan selera gue sendiri*


udah ya sampai disini aja bhaaay~

- - -
#HolidayChallenge Wisata Kuliner!

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Mut di unj ambil tata boga?
wkwk ogut dulu smk jurusan tata boga, kuliah dikomputer.
jadi lupa ilmu lama :p

мυтι mengatakan...

Iyaaa seriusan dulu di SMK Bogaa? hahahaha yauda bikin teknologi untuk Boga dong ka:p

sering dikepoin

tentang si punya blog

Mutiara Kinanti, seseorang yang menyukai kuliner dan kamu. IG @mutiarak dan e-mail mutiarakinantip@gmail.com yaaa~